APAKAH ANDA MENDERITA FOBIA MATEMATIKA?

Agustus 09, 2017 hilda 1 Comments



Matematika. Bagi sebagian orang, mendengar kata matematika bisa saja merupakan momok atau bahkan menjadi ketakutan sendiri. Pelajaran matematika, baik itu d tingkat SD, SMP, SMA dan bahkan di perguruan tinggi seringkali menjadi mata pelajaran yang dihindari.
Jika Anda pernah merasa cemas, tidak nyaman, atau ketakutan saat akan menghadapi pelajaran matematika atau melakukan perhitungan matematika, maka Anda bisa saja menderita Math Anxiety atau Kecemasan Terhadap Matematika.

Dilansir situs mentalfloss.com, Math Anxiety merupakan rasa cemas dan juga rasa panik yang timbul ketika sedang melakukan perhitungan atau melakukan hal yang berhubungan dengan matematika. Menurut situs tersebut, Math Anxiety ini diderita oleh hampir 25% mahasiswa di Amerika lho!. Math Anxiey memang tidak diakui sebagai sebuah gangguan psikologis yang khusus atau berat, serta bisa menimpa siapa saja tanpa peduli latar belakang ekonomi, gender, atau ras.

Masih dilansir oleh situs mentalfloss, Profesor John Allen Paulo dari Temple University menyebutkan jika “Math Anxiety membuat orang sulit mengerti sebuah perhitungan matematika. Biasanya orang yang menderita Math Anxiety akan merasa bad mood jika seseorang menyebutkan kata matematika dalam sebuah obrolan”.

Saya dan Matematika


Begitu melihat judul ini di situs mentalfloss.com, saya langsung tertarik dan saya pikir saya juga mempunyai math anxiety selama ini. Saya punya sejarah yang cukup panjang dengan pelajaran matematika, dan hampir sebagian besar merupakan hal yang tidak begitu manis untuk dikenang. Matematika bukanlah pelajaran yang saya benci dan bukan juga pelajaran kesukaan saya. Saya punya nilai yang cukup baik di mata pelajaran matematika dan bahkan saya pernah mewakili SMP saya untuk mengikuti sebuah perlombaan matematika di tingkat kota. Dan saat SMP itulah math anxiety saya mulai muncul. Saya tidak begitu mengetahui alasan tepilihnya saya sebagai wakil sekolah, karena tahu – tahu saya dipanggil ke kantor guru dan disodori buku – buku untuk persiapan lomba. Berhari – hari saya belajar (kebanyakan belajar sendiri), saya sama sekali tidak tahu apa yang saya tidak mengerti dan tidak tahu harus mulai dari mana. Tiba – tiba saja saya panik dan terasa sekali beban mulai menghampiri pundak saya yang saat itu masih 14 tahun. Begitu lomba, saya sama sekali tidak tahu apa yang harus kerjakan dan soal – soal matematika seolah menggunakan kode – kode yang tidak pernah saya pelajari sebelumnya.
Dan bisa ditebak, saya tidak memenangkan lomba tersebut. Sejak saat itu saya menjadi tidak nyaman setiap kali mengikuti pelajaran matematika.
Parahnya lagi , di tahun berikutnya saya harus mengikuti perlombaan lagi dan tidak menang lagi.
Pada titik itu saya benar – benar membenci matematika. Saya pikir inilah sumber math anxiety saya dimulai.

Belum selesai dengan matematika, di kelas tiga, saya ditempatkan di kelas matematika oleh salah seorang guru padahal saya memilih kelas jurusan lain pada formulir. Meskipun tidak trauma, saya menjadi kurang nyaman saat belajat dan sering membuat kesalahan kecil saat melakukan perhitungan.

Entah itu karena memang math anxiety atau saya mencoba mencari alasan, sampai saya duduk di perguruan tinggi saya tidak begitu menyukai matematika dan setiap kali saya ingat matematika saya merasa begitu kesal.
Anehnya saya malah memilih jurusan akuntansi saat SMK dan saat perguruan tinggi. LOL.
Sepertinya sudah saatnya saya berdamai dengan matematika.

Bagaiamana cara mengatasi Math Anxiety?

buildingimpact.org

Meskipun bukan merupakan gangguan mental yang serius, tetap saja membuat orang tidak nyaman. Apalagi jika anak – anak yang menderita math anxiety, bisa – bisa mereka akan menghindari dan bahkan membenci matematika.

Saat menajdi tutor, saya menemukan kecenderungan jika hampir 80% murid (SD dan SMP) yang saya ajar mengalami math anxiety. Uniknya, yang mengalami math anxiety hanya murid perempuan. Setiap kali belajar matematika, mereka seringkali terlihat tertekan dan bahkan ada murid saya yang mengalami keringat dingin setiap pelajaran matematika.

Math Anxiety datang karena ketidakmampuan saat memecahkan masalah matematika baik itu dalam pelajaran atau kehidupan sehari – hari. Jadi menurut saya, cara terbaik mengatasi math anxiety adalah dengan membantu siswa memecahkan masalah tersebut dengan cara yang menyenangkan.

Pengajar matematika sekaligus pengaranag buku Common Core Math for Parents  for Dummies, Christopher Danielson mengatakan jika math anxiety bisa diturunkan dari orang tua yang juga memiliki ketakutan terhadap matematika

Beberapa orang tua dari murid saya memang secara khusus menyebutkan jika permintaan untuk menjadi tutor adalah untuk mengatasi kekurangan anaknya di mata pelajaran matematika. Banyak beranggapan jika tidak hebat di pelajaran matematika maka sama saja tidak pintar.
Menurut saya anggapan seperti ini salah dan bisa saja membuat anak semakin tertekan saat mempelajari matematika.
Matematika memang penting, akan tetapi  tidak selamanya anak yang tidak pandai matematika tidak bisa disebut pintar.
Ada anak yang memang berbakat di mata pelajaran matematika dan ada juga yang tidak.

Untuk itu, daripada membuat anak semakin panik dengan matematika, lebih baik jika diganti dengan memberikan dukungan saat mempelajari matematika. 

1 komentar:

  1. Ayo Main Di Situs Poker Online Terpercaya Yaitu Situs ARMANIQQ

    Dengan 9 Permainan 1 User ID (NO BOT) (NO ADMIN) FAIRPLAY Player vs Player 100%
    Daftar Dan Mainkan Sekarang
    Memiliki Bonus Bonus WOW

    • Bonus Turnover mingguan 0.5%(Dibagikan Setiap Minggu)
    • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)

    Ayo Segera....Mainkan Sekarang Juga

    Hanya Minimal Deposit Rp 10.000 Dan Minimal Withdraw Rp 20.000
    (Bisa deposit Dengan E-Money OVO,GOPAY,GOJEK)

    Siap Melayani 24Jam Non Stop Setiap Hari nya

    Link alternatif : armaniqqs.info | winterarmani.club

    Agen Domino Terpercaya
    Agen Bandarq Terpercaya


    BalasHapus