MENGAPA ORANG JEPANG SUKA MENGATAKAN ‘KAWAII’?

Agustus 09, 2017 hilda 0 Comments




Kamu pasti pernah mendengar kata ‘kawaii’ saat sedang melihat film, dorama, anime, atau variety show di Jepang. Yep, kata ‘kawaii’ merupakan kata Jepang yang paling populer untuk diucapkan, tidak hanya oleh masyarakat Jepang tapi juga oleh masyarakat di dunia. Bisa jadi kata ‘kawaii’ adalah kata Jepang yang kamu pelajari.
Kawaii’ biasa diartikan sebagai imut, lucu, atau juga manis. Orang akan mengatakan ‘kawaii’ saat melihat sesuatu yang menggemaskan atau menyenangkan di depannnya. Misalnya ‘Mitte, kono hairpin wa totemo kawaii yo ne?” yang artinya “Lihat, jepit rambut ini sangat imut ya?”

Orang Jepang sering mengataka ‘kawaii’ untuk mengungkapkan apa saja yang dianggap menarik. Tidak seperti bahasa Indonesia yang punya banyak padanan kata seperti imut, lucu, manis, atau menggemaskan, bahasa Jepang tidak mempunyai banyak padanan kata untuk menggantikan ‘kawaii’. Untuk itu kata ‘kawaii’ sering dipakai dalam percakapan untuk beberapa konteks.
Nah apa saja konteks percakapan yang bisa memakai kata ‘kawaii’? simak postingan berikut. 

Untuk Memuji Penampilan Seseorang, Seekor, dan Sebuah
Kata ‘kawaii’ bisa digunakan pada semua obyek seperti manusia, hewan, bunga, dan juga sebuah benda. Selama obyek tersebut terlihat lucu atau imut, maka bisa menggunakan kata ‘kawaii’.
Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini!


Pada video di atas kita bisa melihat sekelompok pria yang memuji penampilan seorang gadis cantik yang baru datang. Sebenarnya bisa saja megatakan kata ‘kirei’ atau cantik, akan tetapi penggunaan kata ‘kawaii’ lebih tepat karena sang gadis terlihat imut. Orang Jepang  mempunyai anggapan jika mini skirt selalu berhasil membuat seseorang terlihat sangat imut. Kata ‘kirei’ biasanya digunakan untuk menyebut penampilan yang lebih formal atau mempesona, misalnya ketika memakai gaun atau memakai baju yang membuat seseorang terlihat anggun. 




Pada video kedua, kita melihat seorang anak laki – laki yang menyebut sekotak donat dengan sebutan ‘kawaii’ karena donat tersebut dihias dengan krim yang lucu – lucu.



Pada video ketiga, kata ‘kawaii’ dikatakan oleh seorang anak perempuan yang ditujukan untuk seekor anjing poodle yang baru dibeli temannya. Anjing di video tersebut memang terlihat menggemaskan, sehingga cocok jika disebut ‘kawaii’. 



Cewek Jepang Lebih Suka Dianggap ‘Kawaii
Para gadis Jepang lebih suka dianggap ‘kawaii’ daripada cantik, makanya tidak heran jika gaya fashion di Jepang terkenal dengan gaya yang imut, full color, dan aksesoris yang lucu – lucu.
Sebutan ‘kawaii’ dianggap sebagai pujian bagi cewek – cewek di Jepang. Sebutan ‘kirei’ yang berarti cantik lebih mengarah pada penampilan semata, sedangkan ‘kawaii’ tidak hanya penampilan tapi juga daya tarik (appeal) yang dimiliki seseorang.



Video di atas menunjukkan seorang gadis yang sangat senang saat dianggap ‘kawaii’ oleh lelaki yang ia taksir. Hanya mendapat sebutan ‘kawaii’ muka sang gadis sudah menjadi merah karena  bahagia. 


Untuk Memuji Kepribadian Seseorang
Tidak hanya untuk memuji penampilan seseorang, kata ‘kawaii’ juga digunakan untuk memuji kepribadian seseorang. Biasanya kalau kita mendapat perlakukan yang baik atau kejutan dari seseorang, kita akan mengatakan “Wah, so sweet ya” atau “Wah, manis ya” sebagai tanda pujian. Nah, kata ‘kawaii’ juga berarti demikian. Kata ‘ kawaii’ di sini dimaksudkan untuk mengatakan kepriadian seseorang yang membuat kita senang, kagum, atau menunjukkan keterampilan seseorang.
Lalu kenapa tidak menggunakan kata ‘yasashi’ atau baik hati. Kata ‘yasashi’ lebih ditujukan untuk memuji seseorang yang berbuat baik seperti menyelesaikan masalah, membantu seseorang yang kesusahan, atau mengorbankan sesuatu demi orang lain.
Sedangkan kata ‘kawaii’ lebih ditujukan untuk menunjukkan ketertarikan kita kepada kepribadian seseorang yang kita anggap mempunyai keterampilan atau kemampuan yang menggemaskan, misalnya memuji seseorang yang membuatkan kita kerajinan tangan pada saat kita ulang tahun.
Untuk lebih jelasnya, simak video berikut!



Pada video di atas, seorang gadis memberikan hadiah berupa coklat kepada teman – temannya sebagai ucapan terima kasih. Laki – laki pada video tersebut mengatakan ‘kawaii’ kepada gadis tersebut karena menganggap apa yang dilakukan (membuat coklat) itu mengggemaskan.

Apa kamu juga senang kalau dipanggil ‘kawaii”?


tags : apa itu kawaii, pengertian kawaii, kapan menggunakan kawaii

0 comments: